Monday, August 27

Candi Gunungsari - Magelang

Candi gunung sari terletak di Dusun Gulon,  Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
akses untuk menuju jalan ini sangat mudah hanya mengikuti jalan raya Jogja – Magelang sampai Km 24, setelah sampai di km 24 akan menemukan dusun Gulon, ikuti petunjuk untuk menuju candi gunung sari, jika dilalui dengan motor bisa dititipkan montor dan menuju ke kompleks gunung candi dengan jalan kaki, terdapat keindahan alam yang sangat luar biasa 

Keindahan wisata ini terletak pada pemandangan alam disekitar candi yang sangat luar biasa, dari lokasi candi gunung sari bisa melihat pemandangan kota Magelang dari atas, dengan kombinasi hijaunya pohon yang masih asri. Diwisata candi gunung sari ini  akan mendapatkan sesuatu yang lebih, tentang percandian dan keindahan alam, dan pemandangan kota Magelang yang terlihat dari atas lokasi gunung sari. 

Selain candi gunung sari bisa datang ketempat wisata lain yang ada di Magelang, Seperti Taman Kyai Langgeng dan kompleks candi Borobudur.

Candi Gunungsari

B
entuk Candi
Candi gunung sari sendiri merupakan candi yang sudah tidak berbentuk lagi, karena tidak memungkin direkrontuksi ulang karena banyak bagian- bagian yang hilang, namun begitu masih banyak relief- relief dan arca yang masih ada disini dan bisa dipelajari. 

ditemukan relief disebuah batu yang menjadi bagian dari candi gunung sari, relief ini berbentuk dua orang dengan posisi menunduk dan berdiri, yang seakan-akan menggambarkan rakyat tunduk kepada rajanya. 

ditemukan sebuah arca yoni yang bentuknya sudah tidak sempurna lagi, dan ada sebuah benda berbentuk lonjong dan bundar, dengan lubang diatasnya, mirip dengan  tempat sampah jaman sekarang.

Berlatar Belakang Candi Hindu
Candi gunung sari merupakan candi hindu siwa

4 comments: